Di Indonesia, grafologi belum berkembang sehingga hanya ada  beberapa kalangan yang mempelajari displin ilmu ini. Secara umum, grafologi di Indonesia hanya digunakan oleh beberapa lembaga psikologi atau lembaga khusus recruitment untu menyeleksi karyawan. Mereka menggunakan tulisan tangan untuk melihat dan menganalisis bagaimana karakter seseorang  dan mencari mana calon karyawan yang seseuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Grafologi juga digunakan sebagai  alat bantu prikodiagnosik / tes psikologi.
Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan grafologi? Ketika anda mendengar ini apa yang kira-kira terlintas dalam pikiran anda?
Grafologi diambil dari kata graphos (coretan) dan logos (ilmu). Berdasar pengertian tersebut maka dapat dikatakan bahwa grafologi merupakan sebuah cabang ilmu yang mempelajari sebuah coretan tangan. Tulisan tangan bukan berarti selalu huruf saja yang dapat dianalisis, namun sebuah coretan-coretan tangan juga dapat memiliki arti tersendiri. Selain itu, beberapa ahli
juga memberikan pengertian mengenai grafologi, misalnya diambil dari pengertian yang telah dirangkum oleh Wikipedia. ‘Graphology is the study of handwriting, which for hundreds of years has been recognized as being unique to each individual”. Grafologi adalah ilmu yang mempelajari tulisan tangan, yang selama ratusan tahun telah diakui sebagai hal unik yang dimiliki masing-masing individu.
“Graphology is the study and analysis of handwriting especially in relation to human psychology. ln the medical field, it is used to refer to the study of handwriting as an aid in diagnosis, and tracking diseases of the brain, and nervous system”. (Grafologi adalah salah satu studi dan analisis mengenai tulisan tangan terutama yang berhubungan dengan psikis manusia. Di bidang medis, hal ini digunakan untuk mempelajari tulisan tangan sebagai bantuan dalam diagnosis dan pelacakan penyakit otak dan sistem saraf).
Grafologi merupakan salah satu cabang ilmu yang dipelajari oleh bidang keilmuan psikologi. Seperti yang sudah dijelaskan dalam beberapa pengertian grafologi di atas bahwa grafologi ini mempelajari tulisan tangan. Dengan mempelajari tulisan tangan kita dapat menginterpretasi karakter seseorang melalui analisis dan pengamatan tulisan tangan yang dihasilkan. Setiap individu memiliki tulisan tangan yang unik. Melalui tulisan tersebut, kita dapat menilai karakter kepribadian yang dimilikinya. Grafologi atau analisis tulisan tangan dapat membantu seseorang untuk memahami dirinya sendiri dan orang lain. Dengan lebih mengenal diri sendiri, seseorang dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.
“Dirimu adalah apa yang kamu tuliskan”